Kamis, 26 Maret 2009

MINUM KOPI DAN RESIKO GOUT (ASAM URAT)


Setidaknya minum empat cangkir kopi per hari akan menurunkan risiko itu hingga 40 persen. Gout berawal dari naiknya kadar asam urat dalam darah. Selanjutnya kristal asam urat menumpuk pada persendian dan daerah sekitarnya. Ini menimbulkan bengkak dan rasa nyeri.


Kesimpulan itu didasarkan pada data dari sekitar 46 ribu pria yang profesional di bidang medis yang mengikuti studi bertajuk the Health Professionals Follow-Up. Selama lebih 12 tahun, 757 orang dari antara mereka terdiagnosis mengalami gout. Demikian dilaporkan Hyon K. Choi, MD, DrPH, beserta tim di University of British Columbia di Vancouver.

Karena para pria itu mengisi secara detail pertanyaan seputar diet, tim Choi bisa mencatat konsumsi mereka terhadap kopi dan teh. Ditemukan bahwa banyaknya kopi yang mereka minum berkaitan dengan berkurangnya risiko gout.

Minum 1-3 cangkir kopi per hari menurunkan risiko gout hingga 8 persen. Risiko itu menurun hingga 40 persen bila minum 4-5 kopi per hari. Bahkan pada pecandu kopi – minum 6 cangkir kopi atau lebih per hari – penurunan itu sekitar 60 persen.

Bukan kafein dalam kopi maupun teh yang membuat risiko gout menurun. Meski kopi decaf memiliki efek, tetapi tidak sebesar efek kopi yang dimasak secara sempurna. Pria yang minum 1-3 cangkir kopi decaf per hari, penurunan risiko gout 33 persen. Dan yang minum 4 cangkir kopi decaf atau lebih per hari, hanya mengalami penurunan risiko gout 27 persen.

Memang belum jelas benar mengapa kopi bisa menurunkan risiko gout. Choi dan timnya mencatat, kopi banyak mengandung antioksidan kuat, seperti asam fenol klorogenik, yang mungkin berdampak pada turunnya risiko gout. Namun, belum diketahui apakah perempuan yang suka minum kopi juga menurun risiko goutnya.

"gout" = asam urat

Jadi gimana? kalo saya sih minum kopinya yg normal2 aja deh...

Sumber :
http://www.binus.web.id/index.php?topic=214.0

Sumber Gambar:
http://www.medicine.ox.ac.uk/bandolier/band161/gout3.jpg

5 komentar:

  1. makasih ya infonya

    itu semua memperingatkan aku agar berhati-hati

    BalasHapus
  2. Info yang sedang dibutuhkan nih.. jadi untk mencegar asam urat bisa dengan minum kopi yah..

    BalasHapus
  3. WOW,Siapa sangka KOPI yang beberapa tahun ini coba saya hindari.. Ternyata..??!!

    sekitar tahun 2005an saya mencoba mengurangi(menghindari) mengkonsumsi kopi,apalagi ceritanya saya pernah bekerja di sebuah kedai coffee shop..
    tetapi setelah saya membaca artikel ini saya rasa benar juga.. Klo saya ingat2 lagi sekitar tahun 2007an lah saya mulai sering mengalami keluhan pada sendi, terutama pada lutut saya..
    Apalagi setelah berolahraga |futsal/badminton| rasanya dengkul mau coplok..

    Sepertinya sebaiknya saya tidak takut kembali hobby minum kopi deh..
    Terimakasih infonya ya Gan

    BalasHapus
  4. Salam kenal buat Akangpedia. Apakah radang sendi ada hubungannya dengan asam urat? Setahun y.l. kadar asam urat saya hanya 0.11; tapi akhir2 ini lutut saya sering berbunyi kretek-kretek kalau digerakkan. Baca artikel ini saya langsung minta dibikinin secangkir kopi. Infonya menarik dlan bikin betah berulang x mengunjungi blog ini karena ada musik yang enak didengar. Makasih.

    BalasHapus
  5. Keluhan minum kopi seperti jantung berdebar, pusing, mual, kembung, buang air kecil tercium aroma kopi. Tips ini dapat membantu Anda untuk menghindari keluhan tersebut: 1. Aroma kopi jangan menusuk tajam ke hidung. 2.Bagi perokok dapat merasakan, bila rokok dihisap asapnya menjadi lembut. 3.Bila kopi diminum, badan terasa rileks / enteng. Contoh: bila mencium aroma bunga asli wanginya tidak menusuk tajam ke hidung (bersifat alami)

    BalasHapus