Home

Kamis, 26 Maret 2009

ASAM URAT


Asam urat atau yang sering identik dengan rematik / encok merupakan penyakit yang ditandai rasa nyeri pada tulang , sendi , otot , dan jaringan sekitar sendi .


Penyebab
1. Penyakit ini banyak ragam penyebabnya, diantaranya : Kurang tidur sehingga terjadi penumpukan asam laktat ,
2. Penggunaan sendi yang berlebihan yang menyebabkan terjadinya peradangan atau peradangan oleh sebab lain karena terlalu banyak berjalan , turun naik tangga, sering jongkok berdiri, atau sebab lain yang menyebabkan kelebihan asam urat pada jaringan atau persendian.

Asam urat merupakan kristal putih yang tidak berbau dan berasa , yang dihasilkan oleh proses metabolisme utama , yaitu suatu proses kimia dalam inti sel yang berfungsi menunjang kelangsungan hidup .

Proses dimulai dari makanan yang berupa karbohidrat , protein , dan selulosa ( serat ) dengan melalui proses kimia dalam tubuh untuk diubah menjadi tenaga ( energi ) dan bahan-bahan kimia lain yang dibutuhkan tubuh . Bila terjadi penyimpangan dalam proses metabolisme maka akan menyebabkan terjadinya kelebihan dan penumpukan asam urat .

Kelebihan asam urat dalam darah akan menyebabkan pengkristalan pada persendian dan pembuluh kapiler darah terutama yang dekat dengan persendian dan akibatnya apabila pensendian digerakkan akan terjadi pergesekan antar kristal-kristal tersebut sehingga menimbulkan rasa nyeri . Penumpukan asam urat yang kronis pada persendian menyebabkan cairan getah bening yang berfungsi sebagai pelumas ( lubrikan ) sendi menjadi tidak berfungsi dan akibatnya persendian tidak dapat digerakkan . Demikian juga bila kristal asam urat mengendap pada pembuluh kapiler darah , bila kita bergerak , kristal-kristal asam urat akan tertekan ke dinding pembuluh darah kapiler sehingga ujung kristal yang runcing akan menusuk ke dinding pembuluh darah kapiler yang menimbulkan efek nyeri.

Faktor Penyebab Asam Urat :

1. Faktor dari dalam
Terjadinya proses penyimpangan metabolisme yang umumnya berkaitan dengan faktor usia , dimana usia diatas 40 tahun atau manula beresiko besar terkena asam urat .

2. Faktor dari luar
Berupa makanan dan minuman yang dapat merangsang pembentukan asam urat seperti makanan yang mempunyai kadar karbohidrat dan protein tinggi seperti :
# kacang-kacangan
# emping
# melinjo
# daging (terutama jeroan)
# ikan
# coklat
# minuman yang mengandung kafein seperti kopi,teh,minuman ringan cola .

Sumber :
Ferry Wong
http://www.persadaindo.com/AsamUrat.htm

Sumber Gambar:
http://z.hubpages.com/u/267247_f496.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar